Rabu, 19 September 2012

Pengenalan Plant Maintenance Di SAP

Plant Maintenance adalah sebuah sebuah fungsi atau sistem pendukung yang esensial dalam sebuah proses industri. Sistem ini membantu dan menjaga semua mesin-mesin serta infrastruktur kedalam kondisi yang prima atau ideal dilihat dari sisi kualitas dan operasionalnya
A. Struktur Organisasi Plant maintenance
1. Maintenance Plant adalah sebuah area fisik di mana pekerjaan maintenance dibutuhkan. Pengertian ini juga mengacu pada pengertian sebagai sebuah “Plant” dalam area logistik. Plant didefinisikan sebagai organisasi tertinggi dalam company code yang berhubungan dengan logistik dan  pembelian dan merupakan tempat dimana material atau jasa tersedia. Beberapa plant di-assign ke satu company code dimana penilaian persediaan dapat dilakukan untuk masing-masing plant dimana dapat diartikan bahwa nilai material masing-masing plant dapat berbeda. Secara singkatnya Maintenance Plant dapat di artikan Plant dimana object-object maintenance yang terpasang dan terinstalansi pada sebuah perusahaan.
2. Maintenance Planning Plant adalah merupakan suatu Plant yang di dalamnya terdapat unit organisasi yang mengatur, merencanakan dan bertanggung jawab terhadap suatu aktivitas maintenance. maintenance planning plant dapat merencanakan dan bertanggung jawab terhadap aktivitas maintenance di dalam maintenance plant itu sendiri ataupun maintenance plant lain yang di dalamnya terdapat equipment untuk dirawat.
3. Planner Group adalah Seorang atau sekelompok orang yang memiliki keahlian/kualifikasi sejenis dalam melaksanakan pekerjaan maintenance.
4. Work Center adalah Seorang atau sekelompok orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan memproses aktivitas maintenance dalam sebuah Plant.

B. Master Data Plant Maintenance
1. Technical Object
a. Functional Location
b. Equipment
c. Measuring Point
2. Work Center
3. Maintenance Task List
a. Master data Preventive Maintenance
4. Maintenance Plant

- Functional Location
Functional Location Merupakan suatu tempa tyang terstruktur secara hirarkilevel dimana aktivitas maintenance dilakukan yang didalamnya bisa diinstall suatu equipment.
1. Menelusuri biaya maintenance per lokasi.
2. Menelusuri keberadaan suatu equipment terpasang.
3. Mengumpulkan data teknis setiap lokasi untuk dievaluasi.
- Equipment
Object dari maintenance yang dapat di-maintain secara individual.
1. Mengevaluasi data aktifitas maintenance dari object untuk suatu periode tertentu.
2. Mengetahui kondisi atau status suatu equipment.
- Work Center
Seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai tanggung jawab sebagai pelaksana aktivitas maintenance.
1. Menentukan orang/kelompok yang akan menjalankan suatu operasi.
2. Menentukan schedule maintenance yang akan dilaksanakan.
- Measuring Point dan Document
Merupakan data yang berisikan informasi tentang kondisi dari suatu object yang dapat diukur secara kuantitatif (misalnya temperatur, tekanan, operation time dll).
1. Measurement Document adalah dokumen yang berisi informasi nilai pengukuran(measurement) suatu object berdasarkan pada waktu tertentu
- Preventive Maintenance
Suatua ktivitas maintenance yang dilakukan bertujuan untuk mencegah kerusakan. Aktivitas maintenance ini dapat direncanakan melalui Maintenance Plan.

1 komentar: